Profil PPID UIN Raden Fatah Palembang
Profil Singkat PPID
Profil Singkat PPID UIN Raden Fatah
PPID UIN Raden Fatah, atau Pusat Informasi Universitas Islam Negeri Raden Fatah, adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk menyediakan akses terhadap informasi publik mengenai berbagai aspek yang terkait dengan UIN Raden Fatah Palembang. PPID bertindak sesuai dengan Undang-Undang.
Tugas utama PPID UIN Raden Fatah meliputi pengelolaan informasi publik, pelayanan informasi kepada masyarakat, pembuatan dan penyediaan informasi publik, serta pengelolaan dokumen-dokumen publik. PPID juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa informasi yang relevan dan penting bagi publik tersedia secara transparan dan mudah diakses. Dengan demikian, PPID UIN Raden Fatah memiliki peran penting dalam mendukung transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik dalam lingkungan akademik dan administratif di UIN Raden Fatah Palembang.
PPID UIN Raden Fatah Palembang terbentuk sejak tahun 2022 dan telah berpartisipasi dalam monitoring dan evaluasi yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat.
Berdasarkan keputusan Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia Nomor 17/KREP/KIP/XII/2023 tentang hasil pemantauan dan evaluasi keerbukaan informasi publik pada badan publik pada tahun 2023, UIN Raden Fatah diberi peringkat 9 dan nilai 85,65 dalam kategori perguruan tinggi menuju informatif.
Keputusan Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia Nomor 52/KEP/KIP/XII/2024 tentang hasil pemantauan dan evaluasi keterbukaan informasi publik badan publik pada tahun 2024, UIN Raden Fatah ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi kategori Informatif pada tahun 2024
Organisasi PPID UIN Raden Fatah
Rektor : Atasan PPID
Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan : PPID Utama
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan : Tim Pertimbangan Bidang Akademik
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama : Tim Pertimbangan Bidang
Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan : Tim Pertimbangan Bidang Keuangan
Kepala Biro Administrasi Akademik, kemahasiswaan dan kerjasama : Tim Pertimbangan Kerjasama
Kepala SPI : Tim Pertimbangan Bidang Sengketa
Kabag Umum : Tim Pertimbangan Bidang Sarana
Katim Kepegawaian : Tim Pertimbangan Bidang SDM
PPID Pelaksana- Katim Kerjasama, Kelembagaan. Humas dan informasi : PPID Pelaksana Universitas
- Direktur Pascasarjana : PPID Pelaksana Pascasarjana
- Dekan FAH : PPID Pelaksana Fakultas Adab dan Humaniora
- Dekan FPs : PPID Pelaksana Fakultas Psikologi
- Dekan FSH : PPID Pelaksana Fakultas Syari’ah dan Hukum
- Dekan FDK : PPID Pelaksana Fakultas Dakwah dan
- Dekan FISIP : PPID Pelaksana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
- Dekan FUSPI : PPID Pelaksana Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
- Dekan FITK : PPID Pelaksana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
- Dekan FEBI : PPID Pelaksana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
- Dekan FST : PPID Pelaksana Fakultas Sains dan Teknologi
- Ketua LP2M : PPID Pelaksana Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
- Ketua LPM : PPID Pelaksana Lembaga Penjaminan Mutu
- Kepala UPT Perpustakaan : PPID Pelaksana UPT Perpustakaan
- Kepala PPBa : PPID Pelaksana UPT Pusat Pengembangan Bahasa
- Kepala PLI : PPID Pelaksana Pusat Layanan Internasional
- Kepala Ma’had Al Jami’ah : PPID Pelaksana Ma’had Al Jami’ah
- Tim Kerjasama, Kelembagaan, Humas dan informasi : PPID Pelaksana Operasional Divisi Layanan Informasi
- Tim Kerjasama, Kelembagaan, Humas dan informasi : PPID Pelaksana Operasional Bidang Layanan Dokumentasi
- Kasub Perlengkapan dan Pengadaan Barang/Jasa : PPID Pelaksana Operasional Pengaduan dan Sengketa
- Kepala UPT Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data : PPID Pelaksana Operasional Bidang Digitalisasi Informasi
- Bendahara Keuangan : PPID Pelaksana Operasional Divisi Perencanaan dan Keuangan
- Kepala Pusat Pengembangan Bisnis : PPID Pelaksana Operasional Divisi Bisnis dan Kerjasama
- Tim Kerja Unit Satuan Pengawas Internal : PPID Pelaksana Operasional Divisi Monitoring dan Evaluasi
Disamping itu ada beberapa Anggota PPID yang terlibat , yaitu Anggota PPID Pelaksana Operasional Divisi Layanan Informasi, Anggota PPID Pelaksana Operasional Bidang Layanan Dokumentasi, Anggota PPID Pelaksana Operasional Pengaduan dan Sengketa, Anggota PPID Pelaksana Operasional Bidang Digitalisasi Informasi, Anggota PPID Pelaksana Operasional Divisi Perencanaan dan Keuangan, Anggota PPID Pelaksana Operasional Divisi Bisnis dan Kerjasama, Anggota PPID Pelaksana Operasional Divisi Monitoring dan Evaluasi.
Visi dan Misi PPID
Visi dan Misi PPID UIN Raden Fatah
Visi
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang transparan dan akuntabel menuju tata kelola perguruan tinggi yang baik
Misi
- Meningkatkan kualitas pengelolaan, pelayanan informasi publik dan dokumentasi
- Mengembangkan sistem informasi dan pelayanan publik yang akuntanbel, transparan dan profesional
- Menyediakan dan mengelola informasi publik secara berkelanjutan
Struktur Organisasi PPID

Tugas dan Fungsi PPID
Tugas dan Fungsi PPID UIN Raden Fatah
Tugas
Tugas Pokok PPID adalah bertanggung jawab mengkoordinasikan penyediaan, pelayanan, penyimpanan dan pendokumentasian seluruh informasi publik yang berada di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.
Fungsi
- Penghimpunan, penyimpanan dan penataan informasi publik di UIN Raden Fatah Palembang
- Pelaksana pelayanan informasi publik di UIN Raden Fatah Palembang
- Penanggung jawab pemenuhan hak warga negara untuk memperoleh akses informasi publik di UIN Raden Fatah Palembang
- Pendampingan penyelesaian sengketa informasi publik di UIN Raden Fatah Palembang